KTI

Tugas akhir merupakan persyaratan mahasiswa tingkat akhir untuk mendapatkan gelar. Tugas akhir bagi mahasiswa Diploma III Fisioterapi adalah Karya Tulis Ilmiah, Proses penyelesaian tugas akhir KTI terdiri atas 3 tahap yaitu :

  1. Tahap penyusunan proposal penelitian

Dalam tahap ini, mahasiswa tingkat akhir membuat proposal penelitian yang terdiri dari 3 bab untuk proposal KTI.

Dalam proses penyusunan proposal, mahasiswa tingkat akhir dibimbing oleh 2 orang dosen Pembimbing (Pembimbing I dan II) dengan jumlah minimal bimbingan adalah 5 kali.

  1. Tahap pelaksanaan penelitian

Dalam tahap ini, mahasiswa tingkat akhir melaksanakan penelitian di lapangan setelah disetujui dan disahkan proposal penelitiannya oleh Tim Penguji. Dalam pelaksanaan penelitian, dosen pembimbing mendampingi mahasiswa saat pengambilan sampel dan pengumpulan data penelitian.

  1. Tahap penyelesaian laporan akhir penelitian

Dalam tahap ini, mahasiswa tingkat akhir membuat hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan saran. Mahasiswa Diploma III Fisioterapi, karena menggunakan penelitian case study maka data penelitian dapat diolah secara manual. Data penelitian dan hasil olahan data harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dosen pembimbing sebelum dibuat bab hasil penelitian dan pembahasan serta kesimpulan dan saran.

Dalam penyelesaian KTI, mahasiswa menjalani 2 tahap ujian yaitu :

  1. Ujian/seminar proposal

Adapun persyaratan mengikuti ujian/seminar proposal KTI adalah :

    • Telah melulusi semua mata kuliah pada semester I – IV
    • Telah memenuhi jumlah minimum angka kredit dalam Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa yaitu sebesar 16.
    • Telah menjalani proses bimbingan dengan jumlah minimal bimbingan sebanyak 5 kali dan disetujui oleh dosen pembimbing I dan II, yang dibuktikan dengan lembar konsultasi dan lembar persetujuan.

Dalam kegiatan ujian/seminar proposal, dosen penguji bertugas mengarahkan penelitian mahasiswa sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian yang diangkat dengan meminimalkan faktor pengganggu dari penelitian tersebut.

  1. Ujian Tutup/Akhir KTI

Adapun persyaratan mengikuti ujian tutup/akhir KTI adalah :

  • Telah melulusi mata kuliah pada semester V dan VI
  • Telah mengikuti proses ujian/seminar proposal KTI, yang dibuktikan dengan lembar pengesahan proposal KTI yang ditanda tangani oleh dosen penguji
  • Telah melaksanakan kegiatan penelitian, yang dibuktikan dengan absen kegiatan penelitian, surat keterangan selesai meneliti, dan ethical clearance
  • Telah menjalani proses bimbingan dengan jumlah minimal bimbingan sebanyak 5 kali sehingga total bimbingan dari penyusunan proposal sampai penyelesaian KTI adalah minimal 10 kali dan telah disetujui oleh dosen pembimbing I dan II, yang dibuktikan dengan lembar konsultasi dan lembar persetujuan.

Dalam kegiatan ujian tutup KTI , dosen penguji bertugas menguji kesesuaian antara masalah penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan.

Dalam pelaksanaan penyusunan proposal KTI sampai penyelesaian KTI, mahasiswa dibekali dengan Buku Panduan Penulisan KTI agar mahasiswa dapat menyusun proposal sampai penyelesaian KTI dengan benar.

DAFTAR NAMA PEMBIMBING DAN PENGUJI SEMINAR PROPOSAL KTI PRODI D-III FISIOTERAPI POLTEKKES MAKASSAR TAHUN 2020/2021

 Download disini

SURAT PENGANTAR BIMBINGAN PROPOSAL KTI PRODI D-III FISIOTERAPI POLTEKKES MAKASSAR TAHUN 2020/2021

Download disini