Alumni

Alumni Jurusan Fisioterapi adalah sesorang yang telah menyelesaikan pendidikan dan dinyatakan lulus dari Jurusan Fisioterapi. Para alumni Jurusan Fisioterapi telah banyak bekerja pada berbagai Instansi kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Fisioterapi Mandiri, dan Pelayanan Home Care. Selain itu, beberapa alumni fisioterapi telah bekerja sebagai tim medis pada klub-klub olahraga profesional seperti PSM, Mitra Kukar dan klub Basket.

Untuk mewadahi para alumni dan membentuk pusat informasi peluang kerja alumni maka dibentuk Ikatan Alumni Fisioterapi Poltekkes Makassar. Ikatan Alumni Fisioterapi Poltekkes Makassar mulai terbentuk pada tahun 2004 dengan nama Ikatan Keluarga Alumni Fisioterapi Makassar, kemudian pada tahun 2015 berubah nama menjadi Ikatan Alumni Fisioterapi Poltekkes Makassar.

Program kegiatan Ikatan Alumni Fisioterapi Poltekkes Makassar yang rutin dilaksanakan setiap tahun adalah kegiatan ilmiah berupa seminar dan workshop fisioterapi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para alumni sekaligus mengupgrade ilmu dan skill para alumni fisioterapi Poltekkes Makassar. Selain itu, telah dilaksanakan musyawarah kerja sebanyak 3 kali setiap pergantian pengurus lama ke pengurus baru.

Ikatan Alumni Fisioterapi Poltekkes Makassar telah membentuk jejaring sosial media yaitu membuat grup alumni di WhatsApp dan Facebook, dengan nama IKA Fisioterapi Poltekkes Makassar. Grup ini sangat bermanfaat bagi lulusan fresh graduate atau alumni yang belum bekerja, karena berbagai informasi lowongan pekerjaan disebarkan pada grup ini. Selain itu, berbagai informasi seminar dan workshop fisioterapi disebarkan pada grup ini untuk semua alumni yang ingin meningkatkan kompetensinya.

Untuk melakukan pelacakan alumni (tracer study), Program Studi melakukan penyebaran kuisioner secara online kepada seluruh alumni melalui Google Form dengan link http://bit.ly/31SnWJx. Penyebaran kusioner melalui link tersebut disampaikan kepada alumni Jurusan Fisioterapi melalui WhatsApp Personal, yang kemudian para alumni menyebarkan kuisioner tersebut di group angkatannya masing-masing. Adapun format kuisioner terlampir dalam buku ini.